Program Studi Fisika Institut Teknologi Kalimantan Menyelenggarakan Focus Group Discussion Kurikulum Merdeka Belajar Kampus

Event - 26 Desember 2020 - 12:00 AM

Program Studi Fisika ITK melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum Merdeka Belajar Kampus secara online melalui aplikasi video konferensi Zoom Meeting (12 Desember 2020). FGD yang dihadiri oleh Dosen Fisika, Wakil Rektor Bidang Akademik, serta para tamu undangan dari LIPI, PSTBM-BATAN, PTLR-BATAN, BMKG Indonesia, dan Nano Center Indonesia, diselenggarakan dalam rangka mendukung program Kurikulum Merdeka Belajar Kampus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, salah satunya dalam bidang penelitian. FGD ini bertujuan untuk membahas mengenai program atau bentuk kerja sama apa saja yang bisa diinisiasikan, sebagai sinergi antara institusi pendidikan khususnya Program Studi Fisika ITK dengan lembaga-lembaga penelitian yang ada di Indonesia agar proses peningkatan pendidikan maupun penelitian yang ada di ITK bisa berjalan dengan cepat.

Tepat pukul 09.00 Wita, kegiatan  dimulai dengan susunan acara di dalamnya antara lain sambutan Ketua Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman yang diwakili oleh Bapak Dian Mart Shoodiqin S.Si., M.Si., sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik oleh Ibu Nurul Widiastuti S.Si., M,Si., Ph.D., pemaparan Kurikulum Fisika ITK, pemaparan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus, pemaparan dari para narasumber, sesi diskusi, dan diakhiri dengan sesi dokumentasi.

Hasil diskusi sementara yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, mengenai peluang kerja sama dan bagaimana cara menginisiasi program Kurikulum Merdeka Belajar Kampus untuk penelitian, bahwa Program Studi Fisika ITK akan menyusun fokus riset yang disesuaikan dengan bidang minat, research yang tersedia, roadmap, dan luaran yang diinginkan serta akan dibahas kemudian bersama pihak instansi terkait. Perkembangan selanjutnya akan ditindak dan disampaikan lebih lanjut oleh Program Studi Fisika ITK.