Physics Goes To School 2021

Event - 19 April 2021 - 12:00 AM

Balikpapan – Himpunan Mahasiswa Fisika Institut Teknologi Kalimantan (HIMAFI ITK) menyelenggarakan kegiatan Physics Goes To School (PGTS) untuk pertama kalinya pada tahun ini. PGTS yang merupakan kegiatan berkunjung ke sekolah SMA/Sederajat ini bertujuan untuk memperkenalkan himpunan maupun program studi Fisika. Meskipun kali ini dilaksanakan secara online, namun tidak mengurangi antusias siswa-siswi SMA/Sederajat yang ingin berpartisipasi di dalamnya. PGTS terdiri dari serangkaian kegiatan yang beragam, mulai dari try out UTBK yang kali ini bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar Sony Sugema College, web-seminar, pembahasan soal try out, konsultasi UTBK, serta sharing and discussion.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam jaringan (online) selama dua hari, yaitu tanggal 28 Maret dan 4 April 2021. Pada hari pertama (Minggu, 28/03), kegiatan dibuka dengan beberapa sambutan dari Koordinator program studi Fisika oleh Bapak Dian Mart Shoodiqin,S.Si., M.Si., Sony Sugema College (SSC), serta Himpunan Mahasiswa Fisika oleh Irza Agani Fahrezi. Setelah itu dilanjutkan dengan mengerjakan soal try out UTBK selama 4 jam. Wah, lama sekali bukan? Ya, try out UTBK ini diharapkan bisa memberi pengalaman dan gambaran bagi para peserta mengenai pelaksanaan UTBK yang sesungguhnya.

Pada hari kedua (Minggu, 04/04), PGTS dilanjutkan dengan perkenalan bidang minat program studi Fisika serta lembaga bimbingan belajar Sony Sugema College. Setelah itu, panitia menyiapkan ice breaking untuk peserta PGTS agar suasana menjadi lebih seru lagi. Lalu dilanjutkan dengan Web-seminar: (Webinar): “Peran Fisikawan Di Masa Pasca Kampus” dengan narasumber yaitu Bapak Sulthoni Akbar, M.Sc. dari PT Sinergi Nanotech Indonesia. Pada sesi webinar ini para peserta mendapat wawasan baru mengenai kehidupan pasca kampus (setelah kelulusan).

Usai Webinar, PGTS dilanjutkan dengan pengumuman nilai terbaik try out UTBK serta sesi break room di ZOOM Meetings yang terdiri dari beberapa room untuk pembahasan soal try out, konsultasi UTBK, serta sharing and discussion. Sehingga peserta dapat memasuki room sesuai yang diinginkan Sebagai penutup, tidak lupa untuk mengabdikan momen bersama pada sesi dokumentasi. Kedepannya HIMAFI bersama program studi Fisika akan menyelenggarakan kegiatan ini secara rutin, guna memperkenalkan Fisika ITK kepada siswa-siswi SMA/Sederajat.