Kunjungan MGMP Fisika SMA kota Balikpapan ke ITK: Mengangkat Kualitas Pembelajaran Fisika dan membuka horizon baru tentang Fisikawan Medis

Event - 02 Oktober 2023 - 12:00 AM

Intitut Teknologi Kalimantan - 06 September 2023

     Tepat pada hari Rabu Siang, seluruh Guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bidang fisika kota Balikpapan melakukan kunjungan ke Program Studi Fisika, Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran fisika yang lebih inovatif di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sesuai dengan kurikulum Merdeka, dengan tujuan berbagi pengalaman, dan wawasan baru mengenai keprofesian Fisikawan, serta informasi terbaru antara guru-guru SMA dan akademisi perguruan tinggi, khususnya dalam bidang fisika. 

     Prof. Agus Rubiyanto, selaku Rektor ITK menyambut baik kedatangan guru-guru pada acara yang bertemakan “Merajut wawasan dan memantapkan kolaborasi” dengan memberikan pemaparan bagaimana visi-misi ITK ke depan, khususnya peran Fisika ITK untuk berkontribusi dalam memajukan kota Balikpapan. Selain itu, Kunjungan ini juga bertujuan untuk membuka horison baru bagi siswa SMA.  Agus Budianto, selaku ketua MGMP fisika Balikpapan mengatakan bahwa dari kunjungan ini beliau mendapatkan banyak wawasan baru terutama mengenai profesi fisikawan medis yang masih awam bagi sebagian orang. “Dari sini kita banyak mendapatkan informasi baru, ternyata lulusan fisika memiliki peluang yang sama untuk mengejar karir di bidang Kesehatan seperti layaknya dokter, apoteker, dan sebagainya. Tentu kami akan sampaikan kepada para siswa agar mereka lebih termotivasi lagi untuk belajar fisika.” Kunjungan ini juga menjadi forum bagi para guru fisika serta dosen ITK untuk berbagi pengalaman dan strategi pengajaran terbaik.

     Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membangun jaringan yang kuat antara sekolah-sekolah dan institusi pendidikan tinggi, serta menandai komitmen bersama untuk memastikan bahwa para siswa di Balikpapan mendapatkan pendidikan fisika terbaik yang memungkinkan mereka untuk bersaing dalam skala nasional dan internasional. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, harapannya acara ini akan membawa manfaat jangka panjang, termasuk pertukaran sumber daya dan peningkatan kualitas pendidikan di kedua belah pihak.

SPECTA!