Himpunan Mahasiswa Fisika Institut Teknologi Kalimantan Gelar Olimpiade Fisika ITK (OFI) 2019

Kemahasiswaan - 28 Oktober 2019 - 12:00 AM

Balikpapan – Himpunan Mahasiswa Fisika Institut Teknologi Kalimantan (HIMAFI ITK) menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Fisika ITK (OFI) 2019 yang digelar di Auditorium ITK, Sabtu, (26/10/2019), dan dibuka oleh Koordinator Program Studi Fisika ITK, Dian Mart Shoodiqin, S.Si., M.Si. Olimpiade Fisika ITK (OFI) 2019 merupakan perlombaan di bidang Fisika dengan sasaran pelajar sekolah SMA/K sederajat di Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan yang berada di dalam OFI 2019 ini antara lain olimpiade siswa dalam bentuk tes tertulis, cerdas cermat dan seminar Fisika yang berjudul “Peluang Kerja Dunia migas dan Perkembangan Industri Migas di Indonesia” yang disampaikan oleh bapak Roy Widiarta, S.T., selaku manajer senior operasi SKK Migas perwakilan Kalimantan-Sulawesi dan ibu Susan Syahdina dari Pertamina EP Aset 5.

Chusnul Diniy Annisa, selaku ketua panitia Olimpiade Fisika ITK (OFI) 2019 dalam sambutanya menyampaikan Olimpiade Fisika ITK (OFI) 2019 ini mengambil tema “Pemuda Cerdas dan Beprestasi untuk Bumi Etam”. Olimpiade ini merupakan kali kedua yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Departemen Keprofesian HIMAFI ITK. Olimpiade yang dilaksanakan selama 1 hari ini diikuti oleh 22 tim dari 13 sekolah dengan kategori perlombaan yaitu tes tertulis dan dilanjutkan dengan cerdas cermat Fisika. Meskipun kegiatan ini baru terlaksana 2 kali, namun antusias siswa cukup besar untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dari jumlah sekolah serta peserta pada yang lebih meningkat dalam berpartisipasi di OFI 2019 dibanding OFI 2018. Setelah pelaksanaan tes tulis dan cerdas cermat, diadakan Seminar Fisika mengenai peluang kerja dunia migas dan perkembangan industri migas di Indonesia. Seminar ini di sampaikan oleh bapak Roy Widiarta, S.T. selaku manajer senior operasi SKK MIgas dan ibu Susan Syahdina dari Pertamina EP Asset 5.

Koordinator Program Studi Fisika, Dian Mart Shoodiqin, S.Si., M.Si mengatakan bahwa OFI 2019 merupakan wadah untuk membentuk jiwa kompetitif siswa/i SMA/K sederajat di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur. OFI 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar fisika siswa sekolah menengah atas serta mengukur sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap permasalahan dan konsep fisika yang tertuang dalam bentuk soal hitungan, konsep serta wawasan umum di bidang Fisika. Selain itu OFI 2019 juga merupakan cara Program Studi Fisika ITK memperkenalkan Program Studi Fisika ITK kepada siswa/I sekolah menengah atas yang akan berencana melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi setelah lulus nanti. Wakil Rektor bidang akademik, Dr. Muhammad Mashuri, M.T., berharap agar kegiatan OFI dapat kembali di adakan di tahun tahun selanjutnya, serta ketua acara, Chusnul Diniy Annisa berharap agar OFI di tahun selanjutnya memiliki inovasi yang baru agar siswa/i lebih antusias mengikuti kegiatan ini.