Berbagi Ilmu, meningkatkan wawasan dalam Phi-Webinar Series

Event - 26 Juni 2020 - 12:00 AM

Balikpapan - Program studi Fisika Institut Teknologi Kalimantan berpartisipasi aktif dalam dunia pendidikan di era digital dengan melaksanakan seminar daring yang disebut sebagai Phi-Webinar Series. Bertujuan untuk membagi wawasan dalam bidang keilmuan khususnya fisika, acara Phi-Webinar Series ini telah mendapatkan atensi publik hingga total penonton mencapai ribuan yang ditayangkan secara langsung pada platform YouTube Physics ITK Official. Selain itu, tema Webinar yang diangkat bervariasi, mulai dari motivasi dan kiat-kiat menghadapi UTBK, pembahasan mengenai fenomena alien dan UFO, hingga peran fisika dalam dunia pertahanan Militer. Tentu saja, seluruh acara ini terbuka gratis untuk umum loh!

Hingga saat ini Phi-Webinar Series telah sukses melaksanakan 3 acara seminar daring. Seminar pertama terkait dengan persiapan UTBK bagi calon mahasiswa baru telah dibawakan oleh koordinator program studi Fisika ITK, Dian Mart Shoodiqin, S. Si., M. Si. Beliau menjelaskan beberapa hal terkait UTBK 2020, mulai dari trik memilih program studi yang tepat, strategi belajar sebelum UTBK dan lain-lain. Seminar kedua membahas kebenaran adanya fenomena UFO dan alien yang disampaikan oleh dosen Fisika ITK, Agus Rifani, S. Si., M. Sc., dimana beliau menjelaskan tidak hanya berbasis asumsi namun sebagai ilmuwan, beliau lebih mengedepankan fakta-fakta yang memang terjadi. Hingga saat ini, UFO dan alien masih menjadi topik yang masih menjadi materi namun laporan masyarakat terkait adanya UFO menjadi bukti awal adanya keberadaan benda yang dijuluki “piring terbang” tersebut. Seminar terakhir yang baru saja dilaksanakan hari ini membahas tentang teknologi dan perkembangan jet tempur, dimana seminar ini merupakan bagian pertama dari sebuah serial pembahasan mengenai peran Fisika dalam Dunia Pertahanan Militer. Phi-Webinar Series #3 ini disampaikan oleh staff laboratorium Fisika ITK yang merupakan alumni penerima beasiswa Universitas Pertahanan, Bobby Mugi Pratama, S.Si., M. Han. Tingginya antusiasme pada sesi Webinar ini dibuktikan dengan jumlah penonton yang bahkan mencapai ratusan dari berbagai daerah.

Melalui acara Phi-Webinar Series ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal jauh terkait dengan berbagai kontribusi bidang ilmu Fisika yang selama ini dirasa hanya sebagai ilmu yang sulit dan tidak menarik. Selain itu, adanya Phi-Webinar Series pada platform YouTube Fisika ITK dapat menjadi media pembelajaran maupun berbagi wawasan ilmiah pada masyarakat umum, tidak hanya untuk kalangan pelajar, namun juga untuk berbagai profesi lain. Phi-Webinar Series ini akan diadakan secara rutin dengan pemater-pemateri yang ahli di bidangnya, serta topik-topik yang menarik dan anti-mainstream. Agar tidak terlewatkan, para peserta dapat meng-update informasi lebih lanjut seputar kegiatan Fisika ITK dengan mengunjungi official account Fisika ITK di berbagai platform:

 

Intagram: Physics ITK Official

Youtube: Physics ITK Official

Facebook: Prodi Fisika ITK

Twitter: Physics ITK Official

Video Terkait :