Info UTBK 2020

Event - 05 Juni 2020 - 12:00 AM

sumber gambar: https://ltmpt.ac.id/

Balikpapan - Setelah selesainya proses seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 2020, kini Institut Teknologi Kalimantan (ITK) kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa di seluruh Indonesia untuk menjadi bagian dari civitas akademika ITK melalui jalur SBMPTN. Berdasarkan Surat Edaran dari LTMPT No.161/a.u/ltmpt/IV/2020 tentang pemberitahuan palaksanaan UTBK 2020, jadwal penting yang harus dicatat adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaraan UTBK 2020 dibuka pada tanggal 2-20 Juni 2020

2. Pelaksanaan UTBK akan diadakan pada tanggal 5-12 Juli 2020.

3. Hasil proses seleksi SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2020.

Secara khusus, pelaksanaan UTBK pada tahun ini lebih ketat secara kesehatan mengingat Indonesia masih dalam keadaan pandemi COVID-19. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme UTBK 2020 dapat dilihat melalui laman https://ltmpt.ac.id/. Institut Teknologi Kalimantan juga menjadi salah satu yang ditunjuk oleh LTMPT sebagai penyedia tes UTBK 2020, dengan total kapasitas 5400 peserta termasuk peserta berkebutuhan khusus.

Program Studi Fisika Institut Teknologi Kalimantan (Fisika ITK) merupakan salah program studi yang dapat menjadi pilihan utama pada UTBK tahun ini. Di program studi Fisika ITK, mahasiswa akan dapat memilih bidang keilmuan yang diminatinya seperti fisika instrumentasi, fisika material, geofisika, serta fisika nuklir dan teoritik. Mahasiswa lulusan Fisika ITK saat ini telah terserap pada berbagai bidang pekerjaan seperti industri Oil and Gas, teknologi, edukasi, laboratorium, maupun bidang pemerintahan. Tidak hanya itu, lulusan program studi Fisika ITK sangat diperlukan untuk menjadi seorang akademisi maupun seorang peneliti.

Pada tahun ini, program studi Fisika ITK mememiliki kuota calon mahasiswa sebanyak 40 orang. Rata-rata passing grade calon mahasiswa yang masuk dalam program studi Fisika ITK pada tahun sebelumnya adalah 495,77 dengan sebaran yang cukup luas. Oleh karena itu, peluang ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang bingung dalam memilih jurusan sesuai dengan nilai yang mereka peroleh. Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, calon mahasiswa dapat mengikuti Ujian Mandiri ITK (UM ITK) yang akan diadakan pada bulan juli dengan pendaftaran yang dimulai pada tanggal 21 Juni 2020. Informasi lebih lanjut seputar penerimaan mahasiswa baru di Fisika ITK dapat dilihat pada beberapa platform di bawah ini:

1. Instagram: Physics ITK Official, ITK Official Account

2. Website: ITK Official Website

Kami juga memiliki akun official Line sehingga calon mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan langsung. Silahkan scan QR code di bawah ini: