Dosen dan Mahasiswa Program Studi Fisika ITK Adakan Aksi Pengabdian Kepada Masyarakat di SDN 008 Balikpapan Utara

Pengabdian - 18 November 2020 - 12:00 AM

Balikpapan – PANDEMI Covid-19 membuat segala aktivitas dianjurkan untuk dikerjakan dari rumah (Work From Home). Ini juga merupakan salah satu kebijakan pemerintah demi memutus rantai penyebaran Covid-19, yang mana meminta masyarakat untuk semakin memiliki kesadaran akan pentingnya stay at home, physical distancing, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun. Kondisi seperti ini tentulah tidak mudah untuk dihadapi karena masyarakat harus beradaptasi kembali sesuai dengan peraturan terbaru. WFH juga berlaku pada sistem pembelajaran di Indonesia yang mana para pelajar dan mahasiswa serta tenaga pendidik harus menerapkan sistem pembelajaran daring (dalam jaringan atau online).


Kamis (16/07) pagi yang diguyur hujan, tidak menjadi halangan bagi dosen dan mahasiswa/i Program Studi Fisika ITK untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Bertempat di Sekolah Dasar Negeri 008 Balikpapan Utara, diadakan sosialisasi pembelajaran daring dengan melibatkan para guru dan siswa/i di SDN tersebut. Dosen Fisika ITK berharap kegiatan ini dapat membantu pihak yang terlibat dalam melakukan pembelajaran daring. Sosialisasi dimulai pukul 09.00 hingga 12.30 WITA yang diawali dengan pembukaan dari dosen Fisika ITK, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi yang terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, Program Studi Fisika ITK memberikan pengetahuan mengenai aplikasi google classroom dan google meet kepada siswa/i SDN 008 Balikpapan Utara. Selanjutnya pada sesi kedua yang dihadiri oleh para guru SDN 008 Balikpapan Utara, memberikan sosialisasi mengenai pembelajaran online melalui google classroom.
Para guru dan siswa/i merasa terbantu dengan adanya pengenalan platform pembelajaran online ini, sehingga dapat membantu mengatasi kendala yang mereka hadapi dalam penerapan sistem pembelajaran daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan physical distancing. Guna menyukseskan pengabdian kepada masyarakat di SDN 008 Balikpapan Utara, Program studi Fisika ITK tidak hanya memberikan sosialisasi pembelajaran daring namun juga memberikan pengajaran secara online dan offline. Pengajaran online secara asinkron berpusat pada platform google classroom yang mana pada platform ini menjadi media untuk menyampaikan materi dan tugas kepada siswa/i.


Tidak hanya melalui google classroom, Program Studi Fisika ITK juga menggunakan platform google meet sebagai media pembelajaran sinkron untuk menyampaikan materi.
Sedangkan pengajaran offline diberikan secara tatap muka guna menindaklanjuti pembelajaran online yang telah dilakukan sebelumnya. Program Studi Fisika ITK bersama telah melakukan pengajaran kepada siswa/i SDN 008 Balikpapan Utara dengan menerapkan metode pembelajaran Horray.